Dakwaan |
Bahwa Terdakwa GOJALI (DPO) berdasarkan Surat Penetapan Daftar Pencarian Orang (DPO) Kepala Kejaksaan Negeri Tapanuli Selatan Nomor : B-10/L.2.35/Fd.1/10/2024 Tanggal 17 Oktober 2024 selaku Kepala Desa Sibulele Muara Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan Tahun Anggaran 2022 hingga tahun 2023 bersama – sama dengan Saksi Muhammad Rido Fadli Siregar (Penuntutan dilakukan secara terpisah) selaku Kepala Urusan Keuangan Desa Sibulele Muara Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan Tahun anggaran 2022 hingga tahun 2023, tidak merealisasikan Penggunaan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa pada Desa Sibuele Muara Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan Tahun Anggaran 2022 dan Tahun Anggaran 2023 atau pada waktu yang tidak dapat diingat lagi antara bulan Januari sampai dengan bulan Desember 2022 dan antara bulan Januari sampai dengan bulan Desember Tahun 2023 atau setidak-tidaknya pada suatu waktu pada tahun 2022 sampai tahun 2023, bertempat di Desa Sibulele Muara Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan Provinsi Sumatera Utara atau setidak-tidaknya pada suatu tempat lain yang masih termasuk dalam wilayah Kabupaten Tapanuli Selatan atau setidak-tidaknya di suatu tempat lain yang masih termasuk di dalam daerah hukum Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Medan, yang berwenang untuk memeriksa dan mengadili perkara ini berdasarkan ketentuan Pasal 35 ayat (2) Undang-undang Nomor 46 Tahun 2009 Tentang Pengadilan Tindak Pidana Korupsi telah melakukan perbuatan “MELAKUKAN, YANG MENYURUH MELAKUKAN dan YANG Turut Serta MELAKUKAN secara melawan hukum melakukan perbuatan memperkaya diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi yang merugikan keuangan negara atau perekonomian negara”, yaitu secara melawan hukum tidak merealisasikan kegiatan sesuai dengan rencana anggaran belanja Desa, tidak melibatkan perangkat desa dalam pengelolaan keuangan dan membuat pertanggungjawaban keuangan secara fiktif terkait Pengelolaan/Penggunaan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa Desa Sibulele Muara Kecamatan Batang Angkola Kabuptaen Tapanuli Selatan Tahun Anggaran 2022 dan 2023, tidak merealisasikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa TA. 2022 DAN TA. 2023, sehingga bertentangan dengan Undang – Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara Pasal 3 ayat (1), Undang-Undang Republik Indonesia No. 6 Tahun 2014 tentang Desa sebagaimana telah diubah dan ditambah dengan Undang – Undang Nomor 03 Tahun 2024 Pasal 29, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa Pasal 1 ayat (15 ), Pasal 2 ayat (1), Pasal 3 ayat (3), Pasal 38 ayat (2), Pasal 51 ayat (1), Pasal 66 ayat (5) dan ayat (7) dan Pasal 70, Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 190/PMK.07/2021 tentang Pengelolaan Keuangan Desa Pasal 33 ayat (10), Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 98 tahun 2023 tentang perubahan atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 201/PMK.07/2022 tentang Pengelolaan Dana Desa Pasal 36 ayat 17, Peraturan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah Republik Indinesia Nomor 12 Tahun 2019 Tentang Pedoman Penyusunan Tata Cara Barang/Jasa di Desa Pasal 1 Angka 7 dan Pasal 11 Ayat (5), Peraturan Kepala Desa Sibulele Muara Nomor 03 Tahun 2023 Tentang Keluarga Penerima Manfaat Bantuan Langsung Tunai Tahun Anggaran 2023 Pasal 5 dan Pasal 6, Peraturan Kepala Desa Sibulele Muara Nomor 01 Tahun 2022 Tentang Keluarga Penerima Manfaat Bantuan Langsung Tunai Tahun Anggaran 2022 Pasal 5 dan Pasal 6, dan menyebabkan kerugian keuangan negara atau perekonomian Negara sebesar Rp. 898.666.053,00 (delapan ratus sembilan puluh delapan juta enam ratus enam puluh enam ribu lima puluh tiga rupiah) berdasarkan laporan dari Inspektorat Kabupaten Tapanuli Selatan Nomor LHP : 700/1.2.1/145/IT/2024 tanggal 17 September 2024 tentang Laporan Hasil Audit Perhitungan Kerugian Keuangan Negara Atas Dugaan Tindak Pidana Korupsi Penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Tahun Anggaran 2022 pada Desa Sibulele Muara Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan, perbuatan tersebut terdakwa lakukan dengan cara-cara sebagai berikut:
- Bahwa terdakwa GOJALI diangkat sebagai Kepala Desa Sibulele Muara Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan Tahun Anggaran 2022 s/d 2023 berdasarkan Keputusan Bupati Tapanuli Selatan Nomor : 188.45/727/KPTS/Tahun 2019 tanggal 02 Desember 2019 Tentang Pengangkatan Kepala Desa Sibulele Muara Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan.
- Bahwa untuk melaksanakan tugas dan tanggungjawab selaku kepala Desa Sibulele Muara Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan, terdakwa GOJALI mengangkat perangkat desa Sibulel Muara Kec. Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan Tahun 2022 s/d 2023 sebagai berikut :
- Kaur Keuangan Desa Sibulele Muara atas nama Terdakwa MUHAMMAD RIDO FADLI SIREGAR yang diangkat berdasarkan Surat Keputusan Kepala Desa Sibulele Muara Nomor : 141/23/KD/2020 Tanggal 01 Maret 2020 tentang Pengangkatan Kaur Keuangan desa Sibulele Muara Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan.
- Sekretaris Desa Sibulele Muara Aatas nama DOA RESTU PANGGABEAN yang diangkat berdasarkan Keputusan Keputusan Kepala Desa Sibulele Muara Nomor: 12/KPTS/Tahun 2021 tentang Pengangkatan Sekretaris Desa Sibulele Muara Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan.
- Kasi Pemerintahan Desa Sibulele Muara atas nama LEONARDO HASIBUAN yang diangkat berdasarkan Keputusan Kepala Desa Sibulele Muara Nomor:141/18.B/KPTS/I/2021 tanggal 12 Januari 2021 tentang pengangkatan Kasi Pemerintahan Desa Sibulele Muara Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan.
- Kaur Umum dan Perencanaan Desa Sibulele Muara atas nama GUSTINA yang diangkat berdasarkan Surat Keputusan Kepala Desa Sibulele Muara Nomor : 13/KPTS/Tahun 2021 tanggal 10 April 2021 tentang Pengangkatan Kaur Umum dan Perencanaan Desa Sibulele Muara Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan.
- Kasi Pelayanan Desa Sibulele Muara atas nama MINTA REJEKI yang diangkat berdasarkan Surat Keputusan Kepala Desa Sibulele Muara Nomor : 14/KPTS/Tahun 2021 Tanggal 10 April 2021 tentang Pengangkatan Kasi Pelayanan Desa Sibulele Muara Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan.
- Ketua BPD Desa Sibulele Muara atas nama ASRUL SIREGAR yang diangkat berdasarkan berdasarkan Keputusan Keputusan Bupati Tapanuli Selatan Nomor: 188.45/728/KPTS/Tahun 2022 tentang Perubahan atas kepputusan Bupati Tapanuli Selatan Nomor 188.45/277/KPTS/Tahun 2022 tentang Pengesahan Keanggotaan Badan Permusyawaratan Desa Periode 2022 s/d 2028 dalam Wilayah Kabupaten Tapanuli Selatan.
- Bahwa terdakwa selaku Kepala Desa Sibulele Muara Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan memiliki tugas dan tanggungjawab berdasarkan Keputusan Bupati Tapanuli Selatan Nomor : 188.45/727/KPTS/Tahun 2019 tanggal 02 Desember 2019 Tentang Pengangkatan Kepala Desa Sibulele Muara Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan adalah sebagai berikut :
- Menyelenggarakan Pemerintah Desa
- Melaksanakan pembangunan Desa
- Melaksanakan pembinaan kemasyarakatan Desa dari pemberdayaan masyarakat Desa
- Bahwa terdakwa GOJALI baru menetapkan APBDesa Sibulele Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan Tahun Anggaran 2022 pada bulan Maret 2022 dan untuk APB Desa Sibulele Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan Tahun Anggaran 2023 terdakwa tetapkan pada tanggal 01 Maret 2023.
- Bahwa Penyebab lamanya terdakwa GOJALI baru menetapkan APBDesa Desa Tahun 2022 pada bulan Maret 2022 dan APBDesa 2023 pada tanggal 01 Maret 2023 akibat terlambatnya dikeluarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Tentang Pengeloaan Keuangan Desa dan Biasanya PMK tersebut biasanya turun pada Bulan Desember sebelum anggaran baru berjalan sementara seyogianya APDBes harus ditetapkan Desa paling lama Bulan Desember sebelum Tanhun Anggaran baru berjalan.
- Bahwa Proses penyusunan/pembuatan APBDesa Sibulele Muara Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan Tahun Anggaran 2022 sampai dengan 2023 serta dokumen Perubahan APBDes adalah sebagai berikut :
- Pihak Desa melakukan Musyawarah di Desa untuk menetapkan rencana penggunaan Dana Desa,
- Operator Desa memasukkan item item kegiatan yang direncanakan ke Aplikasi Siskeudes, apabila operator Desa telah selesai menginput maka mengirimkan data yang telah di input tersebut ke pihak Dinas PMD Kab. Tapsel,
- Pihak Dinas PMD Kab. Tapsel akan melakukan Asistensi dan apabila Asistensi telah selesai maka pihak Dinas PMD Kab. Tapsel akan memposting APBDes tersebut untuk selanjutnya di Cetak oleh Operator Desa.
- Bahwa jumlah APBDesa Sibulele Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan Tahun Anggaran 2022 dan 2023 yang telah disahkan oleh terdakwa GOJALI adalah sebagai berikut :
Tahun 2022 :
Pendapatan Tranfer
|
Rp. 1.046.781.000,00
|
|
Rp. 700.999.000,
|
|
Rp. 345.782.000,00
|
Pendapatan Lain Lain
|
Rp. 614.862,00
|
Total Pendapatan
|
Rp. 1.047.395.862,00
|
Selanjutnya terdapat perubahan APBDes Sibulele Muara Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan Tahun Anggaran 2022 dengan rincian sebagai berikut :
Pendapatan Tranfer
|
Rp. 1.101.091.684,00
|
|
Rp. 700.999.000,00
|
|
Rp. 382.452.000,00
|
- Bagi Hasil Pajak dan Retribusi Daerah Kabupaten/Kota
|
Rp. 17.640.684,00
|
Pendapatan Lain Lain
|
Rp. 614.862,00
|
|
Rp. 614.862,00
|
Total Pendapatan
|
Rp. 1.101.091.684,00
|
Tahun 2023 :
Pendapatan Tranfer
|
Rp. 1.117.491.000,00
|
|
Rp. 764.374.000,00
|
|
Rp. 353.117.000,00
|
Pendapatan Lain Lain
|
Rp. 333.582,00
|
|
Rp. 333.582,00
|
Total Pendapatan
|
Rp. 1.117.824.582,00
|
Selanjutnya terdapat perubahan APBDes Sibulele Muara Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan Tahun Anggaran 2023 dengan rincian sebagai berikut :
Pendapatan Tranfer
|
Rp. 1.185.723.373,00
|
|
Rp. 764.374.000,00
|
|
Rp. 399.493.700,00
|
- Bagi Hasil Pajak dan Retribusi Daerah Kabupaten/Kota
|
Rp. 21.855.673,00
|
Pendapatan Lain Lain
|
Rp. 333.582,00
|
|
Rp. 333.582,00
|
Total Pendapatan
|
Rp. 1.186.056.955,00
|
|
- Bahwa rincian APBDesa Sibulele Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan Tahun Anggaran 2022 dan 2023 adalah sebagai berikut :
APBDESA SIBULELE MUARA TAHUN 2022
URAIAN
|
SEMULA
|
MENJADI
|
Sumber Dana
|
ANGGARAN (RP)
|
KELUARAN
ANGGARAN (RP)
|
|
|
|
|
1. PENDAPATAN
|
|
|
|
Pendapatan Transfer
|
1.046.781.000,00
|
1.101.091.684,00
|
|
Dana Desa
|
700.999.000,00
|
700.999.000,00
|
|
Dana Desa
|
700.999.000,00
|
700.999.000,00
|
|
Bagi Hasil Pajak dan Retribusi
|
0,00
|
17.640.684,00
|
|
Bagi Hasil Pajak dan Retribusi Daerah Kabupaten/Kota
|
0,00
|
17.640.684,00
|
|
Alokasi Dana Desa
|
345.782.000,00
|
382.452.000,00
|
|
Alokasi Dana Desa
|
345.782.000,00
|
382.452.000,00
|
|
Pendapatan Lain-lain
|
614.862,00
|
614.862,00
|
|
Bunga Bank
|
614.862,00
|
614.862,00
|
|
Bunga Bank
|
614.862,00
|
614.862,00
|
|
JUMLAH PENDAPATAN
|
1.047.395.862,00
|
1.101.706.546,00
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. BELANJA
|
|
|
|
BIDANG PENYELENGGARA PEMERINTAH DESA
|
360.119.973,00
|
405.195.007,00
|
|
Penyelenggaran Belanja Siltap, Tunjangan dan Operasional Pemerintah Desa (Maksimal 30% untuk kegiatan)
|
323.965.673,00
|
328.490.023,00
|
|
Penyededia Penghasilan Tetap dan Tunjangan Kepala Desa
|
45.500.000,00
|
45.500.000,00
|
ADD
|
Belanja Pegawai
|
45.500.000,00
|
45.500.000,00
|
|
Penghasilan Tetap dan Tunjangan Kepala Desa
|
45.500.000,00
|
45.500.000,00
|
|
Penghasilan Tetap Kepala Desa
|
45.500.000,00
|
45.500.000,00
|
|
Penyedia Penghasilan Tetap dan Tunjangan Perangkat Desa
|
161.200.000,00
|
161.200.000,00
|
ADD
|
Belanja Pegawai
|
161.200.000,00
|
161.200.000,00
|
|
Penghasilan Tetap dan Tunjangan Kepala Desa
|
161.200.000,00
|
161.200.000,00
|
|
Penghasilan Tetap Perangkat Desa
|
161.200.000,00
|
|
|
Penyedia Jaminan Sosial bagi Kepala Desa dan Perangkat Desa
|
23.276.220,00
|
23.300.220,00
|
ADD
|
Belanja Pegawai
|
23.276.220,00
|
23.300.220,00
|
|
Jaminan Sosial Kepala Desa dan Perangkat Desa
|
23.276.220,00
|
23.300.220,00
|
|
Jaminan Kesehatan Kepala Desa
|
396.000,00
|
420.000,00
|
|
Jaminan Kesehatan Perangkat Desa
|
2.438.520,00
|
2.438.520,00
|
|
Jaminan Ketenagakerjaan Kepala Desa
|
3.633.864,00
|
3.633.864,00
|
|
Jaminan Ketenagakerjaan Perangkat Desa
|
16.807.836,00
|
16.807.836,00
|
|
Penyedia Operasional Pemerintah Desa (ATK, Honor PKPKD dan PPK)
|
43.236.653,00
|
47.737.003,00
|
ADD, DDS, DL
|
Belanja Barang dan Jasa
|
43.236.653,00
|
47.737.003,00
|
|
Belanja Barang Perlengkapan
|
1.740.861,00
|
6.241.211,00
|
|
Belanja Alat Tulis Kantor dan Benda Pos
|
724.673,00
|
724.673,00
|
|
Belanja Barang Cetak dan Pengadaan
|
1.016.188,00
|
1.016.538,00
|
|
Belanja Pakaian Dinas/Seragam/Atribut
|
0,00
|
4.500.000,00
|
|
Belanja Jasa Honorarium
|
37.200.000,00
|
37.200.000,00
|
|
Belanja Jasa Honorarium Petugas
|
7.200.000,00
|
7.200.000,00
|
|
Belanja Jasa Honorarium PKPKD dan PPKD
|
30.000.000,00
|
30.000.000,00
|
|
Belanja Perjalanan Dinas
|
2.510.000,00
|
2.510.000,00
|
|
Belanja Perjalanan Dinas Dalam Kabupaten/ Kota
|
2.510.000,00
|
2.510.000,00
|
|
Belanja Pemeliharaan
|
1.785.792,00
|
1.785.792,00
|
|
Belanja Pemeliharaan Kendaraan Bermotor
|
1.785.792,00
|
1.785.792,00
|
|
Penyedia Tunjangan BPD
|
46.293.800,00
|
46.293.800,00
|
ADD
|
Belanja Pegawai
|
46.293.800,00
|
46.293.800,00
|
|
Tunjangan BPD
|
46.293.800,00
|
46.293.800,00
|
|
Tunjangan Kedudukan BPD
|
45.500.000,00
|
45.500.000,00
|
|
Tunjangan Kinerja BPD
|
793.800,00
|
793.800,00
|
|
Penyedia Operasional BPD (rapat, ATK, Makan Minum, Perlengkapan)
|
4.459.000,00
|
4.459.000,00
|
DDS
|
Belanja Barang dan Jasa
|
4.459.000,00
|
4.459.000,00
|
|
Belanja Barang Perlengkapan
|
4.459.000,00
|
4.459.000,00
|
|
Belanja Alat Tulis Kantor dan Benda Pos
|
959.000,00
|
959.000,00
|
|
Belanja Barang Konsumsi (Makan Minum)
|
3.500.000,00
|
3.500.000,00
|
|
Penyedia Sarana Prasarana Pemerintahan Desa
|
20.009.100,00
|
60.559.784,00
|
|
Penyedia Sarana (Aset Tetap) Perkantoran /Pemerintahan
|
20.009.100,00
|
60.559.784,00
|
ADD,DDS,PB
|
Belanja Modal
|
20.009.100,00
|
60.559.784,00
|
|
Belanja Modal Pengadaan Peralatan, Mesin dan Alat Berat
|
13.555.100,00
|
44.505.784,00
|
|
Belanja Modal Peralatan Elektronik dan Alat Studio
|
0,00
|
17.640.684,00
|
|
Belanja Modal Peralatan Komputer
|
0,00
|
13.310.000,00
|
|
Belanja Modal Peralatan Mebelair dan Aksesoris Ruangan
|
13.555.100,00
|
13.555.100,00
|
|
Belanja Modal Lainnya
|
6.454.000,00
|
16.054.000,00
|
|
Belanja Modal Lainnya
|
6.454.000,00
|
16.054.000,00
|
|
Tata Praja Pemerintahan, Perencanaan, Keuangan dan Pelaporan
|
16.145.200,00
|
16.145.200,00
|
|
|
|
|
|
Penyelenggaran Musyawarah Perencanaan Desa / Pembahasan APBDes
|
1.829.000,00
|
1.829.000,00
|
DDS
|
Belanja Barang dan Jasa
|
1.829.000,00
|
1.829.000,00
|
|
Belanja Perlengkapan
|
1.829.000,00
|
1.829.000,00
|
|
Belanja Alat Tulis Kantor dan Benda Pos
|
550.000,00
|
550.000,00
|
|
Belanja Barang Cetak dan Pengadaan
|
159.000,00
|
159.000,00
|
|
Belanja Barang Konsumsi (Makan/Minum)
|
1.120.000,00
|
1.120.000,00
|
|
Penyelenggaraan Musyawaran Desa Lainnya (Musdus, rembug desa No
|
1.929.000,00
|
1.929.000,00
|
DDS
|
Belanja Barang dan Jasa
|
1.929.000,00
|
1.929.000,00
|
|
Belanja Barang Perlengkapan
|
1.929.000,00
|
1.929.000,00
|
|
Belanja Alat Tulis Kantor dan Benda Pos
|
550.000,00
|
550.000,00
|
|
Belanja Barang Cetak dan Penggandaan
|
189.000,00
|
189.000,00
|
|
Belanja Barang Cetak dan Penggandaan
|
1.190.000,00
|
1.190.000,00
|
|
Penyusunan Dokumen Perencanaan Desa (RPJMDesa/RKPDesa dll
|
1.483.800,00
|
1.483.800,00
|
DDS
|
Belanja Barang dan Jasa
|
1.483.800,00
|
1.483.800,00
|
|
Belanja Barang Perlengkapan
|
783.800,00
|
783.800,00
|
|
Belanja Alat Tulis Kantor dan Benda Pos
|
218.000,00
|
218.000,00
|
|
Belanja Barang Cetak dan Penggandaan
|
320.800,00
|
320.800,00
|
|
Belanja Barang Konsumsi (Makan/Minum)
|
245.000,00
|
245.000,00
|
|
Belanja Jasa Honorarium
|
700.000,00
|
700.000,00
|
|
Belanja Jasa Honorarium Petugas
|
700.000,00
|
700.000,00
|
|
Penyusunan Dokumen Keuangan Desa (APBDes, APBDes Perubahan, L
|
4.700.600,00
|
4.700.600,00
|
DDS
|
Belanja Barang dan Jasa
|
4.700.600,00
|
4.700.600,00
|
|
Belanja Barang Perlengkapan
|
4.700.600,00
|
4.700.600,00
|
|
Belanja Alat Tulis Kantor dan Benda Pos
|
1.105.000,00
|
1.105.000,00
|
|
Belanja Barang Cetak dan Penggandaan
|
1.145.600,00
|
1.145.600,00
|
|
Belanja Barang Konsumsi (Makan/Minum)
|
2.450.000,00
|
2.450.000,00
|
|
Penyusunan Laporan Kepala Desa, LPPDesa dan Informasi Kepada Mas
|
1.202.800,00
|
1.202.800,00
|
DDS
|
Belanja Barang dan Jasa
|
1.202.800,00
|
1.202.800,00
|
|
Belanja Barang Perlengkapan
|
1.202.800,00
|
1.202.800,00
|
|
Belanja Barang Cetak dan Penggandaan
|
327.800,00
|
327.800,00
|
|
Belanja Barang Cetak dan Penggandaan
|
875.000,00
|
875.000,00
|
|
Dukungan Pelaksanaan & Sosialisasi Pilkades, Penyaringan dan Penjari
|
5.000.000,00
|
5.000.000,00
|
ADD
|
Belanja Barang dan Jasa
|
5.000.000,00
|
5.000.000,00
|
|
Belanja Barang Perlengkapan
|
3.850.000,00
|
3.850.000,00
|
|
Belanja Alat Tulis Kantor dan Benda Pos
|
100.000,00
|
100.000,00
|
|
Belanja Barang Cetak dan Penggandaan
|
1.750.000,00
|
1.750.000,00
|
|
Belanja Barang Konsumsi (Makan/Minum)
|
2.000.000,00
|
2.000.000,00
|
|
Belanja Jasa Honorarium
|
1.150.000,00
|
1.150.000,00
|
|
Belanja Jasa Honorarium Petugas
|
1.150.000,00
|
1.150.000,00
|
|
BIDANG PELAKSANAAN PEMBANGUNAN DESA
|
137.345.000,00
|
140.845.000,00
|
|
Sub Bidang Pendidikan
|
28.800.000,00
|
28.800.000,00
|
|
Penyelenggaran PAUD/TK/TPA/TKA/TPQ/Madrasah NonFormal Milik De
|
28.800.000,00
|
28.800.000,00
|
ADD
|
Belanja Barang dan Jasa
|
28.800.000,00
|
28.800.000,00
|
|
Belanja Jasa Honorarium
|
28.800.000,00
|
28.800.000,00
|
|
Belanja Jasa Honorarium/Insentif Pelayanan Desa
|
28.800.000,00
|
28.800.000,00
|
|
Sub Bidang Kesehatan
|
15.140.000,00
|
15.140.000,00
|
ADD,DDS
|
Penyelenggaraan Pos Kesehatan Desa/Polindes Milik Desa (obat, Insent
|
13.140.000,00
|
13.140.000,00
|
|
Belanja Barang dan Jasa
|
6.540.000,00
|
6.540.000,00
|
|
Belanja Barang Perlengkapan
|
6.540.000,00
|
6.540.000,00
|
|
Belanja Bahan Obat-obatan
|
6.600.000,00
|
6.600.000,00
|
|
Belanja Jasa Honorarium
|
6.600.000,00
|
6.600.000,00
|
|
Belanja Jasa Honorarium Petugas
|
2.000.000,00
|
2.000.000,00
|
|
Belanja Modal
|
2.000.000,00
|
2.000.000,00
|
|
Belanja Modal Pengadaan Peralatan, Mesin dan Alat Berat
|
2.000.000,00
|
2.000.000,00
|
|
Belanja Modal Peralatan Khusus Kesehatan
|
36.000.000,00
|
36.000.000,00
|
DDS
|
Penyelenggaraan Posyandu (Mkn Tambahan, Kls Bumil, Lamsia, Insenti
|
36.000.000,00
|
36.000.000,00
|
|
Belanja Barang dan Jasa
|
12.000.000,00
|
12.000.000,00
|
|
Belanja Barang Perlengkapan
|
12.000.000,00
|
12.000.000,00
|
|
Belanja Jasa Honorarium
|
24.000.000,00
|
24.000.000,00
|
|
Belanja Jasa Honorarium Petugas
|
24.000.000,00
|
24.000.000,00
|
|
Penyuluhan dan Pelatihan Bidang Kesehatan (Untuk Masy, Tenaga dan
|
0,00
|
3.500.000,00
|
ADD
|
Belanja Barang dan Jasa
|
0,00
|
3.500.000,00
|
|
Belanja Perjalanan Dinas
|
0,00
|
3.500.000,00
|
|
Belanja Kursus Pelatihan
|
0,00
|
3.500.000,00
|
|
Penyelenggaraan Desa Siaga Kesehatan
|
56.505.000,00
|
56.505.000,00
|
DDS
|
Belanja Barang dan Jasa
|
43.305.000,00
|
43.305.000,00
|
|
Belanja Barang Perlengkapan
|
38.305.000,00
|
38.305.000,00
|
|
Belanja Alat Tulis Kantor dan Benda Pos
|
1.155.000,00
|
1.155.000,00
|
|
Belanja Perlengkapan Alat Rumah Tangga dan Bahan Kebersihan
|
1.500.000,00
|
1.500.000,00
|
|
Belanja Barang Konsumsi (Makan/Minum)
|
28.150.000,00
|
28.150.000,00
|
|
Belanja Bendera/Umbul-umbul/Spanduk
|
1.000.000,00
|
1.000.000,00
|
|
Belanja Bahan Obat-obatan
|
6.500.000,00
|
6.500.000,00
|
|
Belanja Barang dan Jasa yang Diserahkan kepada Masyarakat
|
5.000.000,00
|
5.000.000,00
|
|
Belanja Barang untuk Diserahkan kepada Masyarakat Lainnya
|
5.000.000,00
|
5.000.000,00
|
|
Belanja Modal
|
13.200.000,00
|
13.200.000,00
|
|
Belanja Modal Pengadaan Peralatan, Mesin dan Alat Berat
|
13.200.000,00
|
13.200.000,00
|
|
Belanja Modal Peralatan Mebelair dan Aksesoris Ruangan
|
10.200.000,00
|
10.200.000,00
|
|
Belanja Modal Peralatan Khusus Kesehatan
|
3.000.000,00
|
3.000.000,00
|
|
Sub Bidang Perhubungan, Komunikasi dan Informatika
|
900.000,00
|
900.000,00
|
|
Penyelenggaraan Informasi Publik Desa (Poster, Baliho Dll)
|
900.000,00
|
900.000,00
|
DDS
|
Belanja Barang dan Jasa
|
900.000,00
|
900.000,00
|
|
Belanja Barang Perlengkapan
|
900.000,00
|
900.000,00
|
|
Belanja Bendera/Umbul-umbul/Spanduk
|
900.000,00
|
900.000,00
|
|
BIDANG PEMBINAAN KEMASYARAKATAN
|
98.145.800,00
|
110.191.450,00
|
|
Sub Bidang Ketenteraman, Ketertiban Umum dan Perlindungan Masyarakat
|
23.000.000,00
|
28.000.000,00
|
|
Pelatihan/Penyuluhan/Sosialisasi kepada Masy. di Bid. Hukum & Pelindu
|
23.000.000,00
|
28.000.000,00
|
ADD,DDS
|
Belanja Barang dan Jasa
|
23.000.000,00
|
28.000.000,00
|
|
Belanja Perjalanan Dinas
|
23.000.000,00
|
28.000.000,00
|
|
Belanja Kursus Pelatihan
|
23.000.000,00
|
28.000.000,00
|
|
Sub Bidang Kebudayaan dan Keagamaan
|
23.480.000,00
|
29.480.000,00
|
|
Penyelenggaran Festival Kesenian, Adat/Kebudayaan, dan Kegamaan (H
|
23.480.000,00
|
29.480.000,00
|
ADD,DDS
|
Belanja Barang dan Jasa
|
23.480.000,00
|
29.480.000,00
|
|
Belanja Jasa Honorarium
|
21.600.000,00
|
21.600.000,00
|
|
Belanja Jasa Honorarium Petugas
|
21.600.000,00
|
21.600.000,00
|
|
Belanja Perjalanan Dinas Luar Kabupaten/Kota
|
0,00
|
6.000.000,00
|
|
Belanja Barang dan Jasa yang Diserahkan kepada Masyarakat
|
0,00
|
6.000.000,00
|
|
Belanja Barang untuk Diserahkan kepada Masyarakat Lainnya
|
1.880.000,00
|
1.880.000,00
|
|
Sub Bidang Kepemudaan dan Olahraga
|
1.880.000,00
|
1.880.000,00
|
|
Pembinaan Karangtaruna/Klub Kepemudaan/Olahraga Tingkat Desa
|
5.270.000,00
|
6.315.650,00
|
ADD,DDS
|
Belanja Barang dan Jasa
|
5.270.000,00
|
6.315.650,00
|
|
Belanja Barang dan Jasa yang Diserahkan kepada Masyarakat
|
5.270.000,00
|
6.315.650,00
|
|
Belanja Bahan Perlengkapan untuk Diserahkan kepada Masyarakat
|
0,00
|
1.045.650,00
|
|
Belanja Barang untuk Diserahkan kepada Masyarakat Lainnya
|
5.270.000,00
|
5.270.000,00
|
|
Sub Bidang Kelembagaan Masyarakat
|
46.395.800,00
|
46.395.800,00
|
|
Pembinaan Lembaga Adat
|
12.000.000,00
|
12.000.000,00
|
ADD
|
Belanja Barang dan Jasa
|
12.000.000,00
|
12.000.000,00
|
|
Belanja Jasa Honorarium
|
12.000.000,00
|
12.000.000,00
|
|
Belanja Jasa Honorarium Petugas
|
12.000.000,00
|
12.000.000,00
|
|
Pembinaan LKMD/LPM/LPMD
|
14.559.000,00
|
14.559.000,00
|
ADD,DDS
|
Belanja Barang dan Jasa
|
14.559.000,00
|
14.559.000,00
|
|
Belanja Barang Perlengkapan
|
7.959.000,00
|
7.959.000,00
|
|
Belanja Alat Tulis Kantor dan Benda Pos
|
959.000,00
|
959.000,00
|
|
Belanja Barang Konsumsi (Makan/Minum)
|
7.000.000,00
|
7.000.000,00
|
|
Belanja Jasa Honorarium
|
6.600.000,00
|
6.600.000,00
|
|
Belanja Jasa Honorarium Petugas
|
6.600.000,00
|
6.600.000,00
|
|
Pembinaan PKK
|
19.836.800,00
|
19.836.800,00
|
DDS
|
Belanja Barang dan Jasa
|
19.836.800,00
|
19.836.800,00
|
|
Belanja Barang Perlengkapan
|
8.836.800,00
|
8.836.800,00
|
|
Belanja Alat Tulis Kantor dan Benda Pos
|
2.976.800,00
|
2.976.800,00
|
|
Belanja Barang Konsumsi (Makan/Minum)
|
3.360.000,00
|
3.360.000,00
|
|
Belanja Pakaian Dinas/Seragam/Atribut
|
2.500.000,00
|
2.500.000,00
|
|
Belanja Perjalanan Dinas
|
11.000.000,00
|
11.000.000,00
< |
Pihak Dipublikasikan |
Ya |
|